KONTAK KAMI | SITE MAPS

AGUSTUS WASPADA FISH & MARINE MAMMALS STRANDING

Fish Marine Mammal Stranding - 05 August 2017 20:10 PM Telah Dibaca 156 kali

0 0 0 13
Loading...

Perairan Indonesia merupakan salah satu jalur migrasi mamalia laut. Fenomena mamalia laut terdampar merupakan salah satu indikasi yang menunjukkan adanya sesuatu yang salah/bermasalah dengan lingkungan laut kita, dan merupakan hal yang serius untuk segera ditindaklanjuti dan mendapatkan perhatian khusus.

Penyebab terdamparnya mamalia laut (paus dan lumba-lumba) dan jenis ikan dilindungi lainnya belum diketahui secara pasti. Namun beberapa diantaranya adalah dikarenakan faktor alam dan gangguan karena aktivitas manusia. 

Aktivitas manusia yang dapat berpengaruh adalah diantaranya penggunaan sonar bawah laut dan polusi suara (seismik) yang mengganggu sistem navigasi, atau karena perburuan atau bycath alat tangkap nelayan.

Faktor alam yang dapat berpengaruh diantaraya karena perburuan, mencari mangsa sampai ke perairan yang dangkal, atau karena terluka dan karena sakit, dan bisa juga karena cuaca ekstrim.

Memasuki bulan Agustus, diprediksi cuaca ekstrim akan terjadi di hampir seluruh perairan Indonesia karena pergantian musim. Dan ini bisa menjadi warning buat jejaring mammals strabding di daerah untuk bersiaga, terutama di daerah-daerah yang sering kejadian.

Menurut catatan BPSPL Padang dalam 10 tahun terakhir, di wilayah kerja BPSPL Padang yang meliputi 7 propinsi, yaitu Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Jambi, Sumsel dan Kepri, bulan Agustus dan Januari adalah bulan yang sering terjadi mammals stranding.

Sementara wilayah yang sering terjadi adalah Kepri. Dan jenis yang paling sering terdampar adalah Dugong. 

Semoga informasi ini menjadi perhatian bersama terutama jejaering mammals stranding di daerah-daerah untuk waspada dan bersiaga.

TERKAIT
POPULER
Top