KONTAK KAMI | SITE MAPS
Bambu Laut
0 0 0 13
Loading...

 

A.  Deskripsi dan Klasifikasi Bambu Laut

Bambu laut (Isis hippuris) yang termasuk dalam suku Gorgonacea yang merupakan kelompok dari karang lunak (Octocorallia) dimana karang lunak adalah salah satu unsur penyusun terumbu karang. Gorgonacea ini umumnya tersebar luas di perairan Indo-Pasifik dan beberapa tempat lainnya, terutama di daerah tropis. Sebagai unsur penyusun terumbu karang, diketahui bahwa karang lunak merupakan komponen terbesar kedua setelah karang batu, bahkan beberapa daerah yang kondisi terumbu karangnya rusak, karang lunak merupakan unsur utama penyusun terumbu karang (Manuputty, 2002).

Baca Lebih lengkap ............

B.  Sistematika dan Klasifikasi Bambu Laut

Bentuk pertumbuhan octocoral pada umumnya seperti pohon, muncul dari dasar substrat atau melekat di dasar perairan yang keras. Fauna ini termasuk kelompok gorgonia, tekstur tubuh kokoh, karena disangga oleh kerangka yang keras. Isis hippuris, dikelompokkan ke dalam kelompok gorgonia karena tumbuh dan muncul dari substrat dan memiliki kerangka internal yang kokoh yang terdiri dari zat gorgonin yang dibalut oleh lapisan koenensim sebagai tempat tumbuhnya polip (istilah untuk satu individu hewan karang).

Baca Lebih lengkap ............

C.  Regulasi  Bambu Laut

Bambu Laut (Isis spp.) ditetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan dengan Perlindungan Terbatas (Kepmen No. 46/Kepmen-KP/2014) dan ini telah mendapat rekomendasi dari LIPI (SO) No. 1233/IPH.1/HK.04.04/V/2014 tanggal 14 Mei 2014 perihal Rekomendasi Ilmiah Perlindungan Bambu Laut (Isis spp.) dimana bambu laut dilindungi selama 5 tahun sejak 27 Agustus 2014.

D.  Pemanfaatan Bambu Laut

Pemanfaatan Jenis Bambu Laut (Isis hippuris) umumnya banyak di lakukan masyarakat pesisir. Hal tersebut di latarbelakangi adanya permintaan pasar yang berasal dari pengumpul atau pembeli langsung. pada umumnya bambu laut di olah dan dimanfaatkan untuk obat kuat tradisional dan produk cindera mata.

E. Referensi Dan Literatur
  1. Rencana Aksi Nasional Konservasi Bambu Laut (RAN BAMBU LAUT)
  2. Pedoman Rehabilitasi Bambu Laut (Isis hippuris) Dengan Metode Transplatasi
  3. Pedoman Umum Monitoring Bambu Laut
POPULER
Top