KONTAK KAMI | SITE MAPS

Hiu Martil/Great Hammerhead (Sphyrna mokkaran)

Hiu - 12 September 2017 11:44 AM Telah Dibaca 2k kali

0 0 0 13
Loading...

 

A.  DESKRIPSI GREAT HAMMERHEAD (Sphyrna mokkaran)

Hiu Martil Besar/Great Hammerhead (Sphyrna mokkaran) merupakan jenis hiu predator yang begitu agresif, dan berburu ikan seperti ikan pari, cumi-cumi, serta udang udangan. Spesies ini dapat mencapai berat 500 pouds (230 Kg) dan panjang badan sekitar 10 hingga 13 kaki orang dewasa (3 - 4 meter). Hiu ini memiliki umur mencapai 40 years; dengan kematangan gonad dimulai pada umur 6 hingga 8 tahun.

Reproduksi ikan Hiu Martil ini akan terjadi sekali dalam setahun. Hiu ini akan melahirkan berkisar antara 20 hingga 40 anak hiu dalam sekali melahirkan. Reproduksi berlangsung dengan cara hiu jantan akan menggigit sang betinanya hingga betina tenang, lalu membiarkan masa reproduksi terjadi, hal ini tergolong kasar, namun begitulah cara mereka.

Embrio berkembang didalam plasenta betina dan akan diberi makan melalui tali pusar, hal ini sama layaknya mammalia pada umumnya. Masa kehamilan 10 sampai 12 bulan. Setelah anak-anak hiu dilahirkan, sang induk mereka tidak akan tinggal bersama dan mereka ditinggalkan agar dapat mengurus diri mereka sendiri.

Rekor dunia hiu martil betina yang sedang hamil ditangkap di Boca Grande, Florida pada 23 Mei, 2006 berbobot 1280 pon (580 kg). Hiu ini mengandung 55 anak.

 
B.  KLASIFIKASI DAN CIRI-CIRI

    Hiu Martil jenis Spyrna mokkaran memiliki ciri khusus :

    1. Kepala melebar ke samping, lebarnya kurang dari sepertiga panjang tubuhnya

    2. Tepi kepala bagian depan kepala hampir lurus, terdapat lekukan dangkal pada bagian tengahnya

    3. Sirip punggung pertama sangat tinggi, lancip dan melengkung ke belakang pada ikan dewasa.

    4. Ukuran tubuh antara 60-600 cm

 

 

 

Secara Klasifikasi Sphyrna mokkaran adalah sebagai berikut :

Kingdom     : Animalia

Filum          : Chordata

Kelas          : Chondrichthyes

Subkelas    : Elasmobranchi

Ordo           : Carcharniformes

Famili         : Sphyrnidae

Genus        : Sphyrna

Spesies      : Sphyrna mokkaran

 

F.  SEBARAN

Hiu martil besar (Sphyrna mokkaran) merupakan jenis hiu pelagis pesisir dan juga spesies semi oseanik tropis, yang sering kali di jumpai di dekat pesisir juga di lepas pantai, di paparan benua, diteras-teras pulau, di atoll karang, dan perairan dalam sekitar pulau yang kedalamannya berkisar dari sekitar permukaan laut hingga kedalaman 80 m (White et al., 2007). Hiu ini dianggap sebagai hewan yang soliter sehingga jenis hiu ini jarang dijumpai secara berlimpah pada penjumpaannya (Denham et al., 2007).

Hiu martil besar agak jarang dijumpai di perairan Indonesia. Sebaran ikan ini diketahui berada di seluruh perairan tropis dan subtropis yang bersuhu hangat. Namun di Perairan Indonesia, sangat sedikit data yang mencatat ditemukannya jenis ini. 

Berdasarkan Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) cakupan daerah tangkapan potensial hiu martil besar ini meliputi Perairan Samudera Hindia (WPP 572 dan 573), Laut Natuna Utara (WPP 711) dan perairan timur Indonesia, (WPP 716, 717, 718).

Sebaran Sphyrna mokkaran di Indonesia

 

F.  REGULASI

Hiu Martil Besari ini selain masuk appendiks II CITES, saat ini dilindungi untuk dilarang edar keluar wilayah RI (ekpsor) berdasarkan Permen No 48/PERMEN-KP/2016.

 

G.  PEMBERITAAN
  1.  RRI, 2016 : Antisipasi Penangkapan Hiu dan Ikan Langka, DKP Sibolga lakukan patroli rutin.
  2.  

 

H.  REFERENSI DAN LITERATUR
  1. Pedoman Indentifikasi dan Pendataan Hiu Appendiks II CITES
  2. Sphyrna mokkaran (Youtube)
  3. NOAA Fisheries
TERKAIT
POPULER
Top