KONTAK KAMI | SITE MAPS
Pari
0 0 0 13
Loading...

 

A.  Klasifikasi dan Morfologi Pari

Ikan pari (rays)  atau sering juga dikenal dengan peh termasuk dalam ikan yang bertulang rawan memiliki keragaman sangat banyak dimana golongan pari dapat dijumpai dalam 13 Famili dan 560 jenis.

Ikan pari (rays) termasuk dalam ikan bertulang rawan dan grup Cartilaginous (Last and Stevens,1994). Ikan pari mempunyai bentuk tubuh gepeng melebar (depressed) dimana sepasang sirip dada (pectoral, fins)-nya melebar dan menyatu dengan sisi kiri-kanan kepalanya, sehingga tampak atas atau tampak bawahnya terlihat bundar atau oval. Ikan pari umumnya mempunyai ekor yang sangat berkembang (memanjang) menyerupai cemeti. Pada beberapa spesies, ekor ikan pari dilengkapi duri penyengat sehingga disebut ‘sting-rays’, mata ikan pari umumnya terletak di kepala bagian samping. Posisi dan bentuk mulutnya adalah terminal(terminal mouth) dan umumnya bersifat predator. Ikan ini bernapas melalui celah insang (gill openings atau gill slits) yang berjumlah 5-6 pasang. Posisi celah insang adalah dekat mulut di bagian bawah (ventral). Ikan pari jantan dilengkapi sepasang alat kelamin yang disebut “clasper” letaknya di pangkal ekor. Ikan pari betina umumnya berbiak secara melahirkan anak (vivipar) dengan jumlah anak antara 5-6 ekor. Gambar 1, menyajikan ilustrasi ikan pari dengan bagian-bagiannya.

Ukuran ikan pari dewasa bervariasi dari ukuran yang relatif kecil, yaitu lebar 5 cm dengan panjang 10 cm (famili NARKIDAE) hingga berukuran sangat besar yaitu lebar 610 cm dengan panjang 700 cm (pari Manta, famili MOBULIDAE). Jumlah jenis ikan pari yang mendiami perairan di seluruh dunia belum ada informasi yang tepat. Adapun yang pernah teridentifikasi secara akurat di Indonesia sesuai hasil penelitian Sainsbury et,al.(1985) dan Tarp and Ifailola (1982) yang dilakukan di Samudera Hindia sebanyak 16 spesies. Penelitian lain yang di lakukan di Laut Cina Selatan oleh Isa et.al. (1998) mencatat sebanyak 4 spesies. Distribusi geografis ikan pari adalah sangat luas, ikan pari ditemukan diperairan tropis, subtropis dan perairan di antartika yang dingin.

Di Indonesia dikenal beberapa jenis ikan pari, diantaranya:

  • Pari Burung (Rhinoptera javanica)
  • Pari Kelapa (Trygon sephen)
  • Pari Kembang (Amphostistius kuhlii)
  • Pari Kampret (Gymnura micrura)
  • Pari Totol (Himantura varnak)
  • Pari Kekeh (Rhinobatus djiddensis)
  • Pari Ayam (Dasyatis sephen) (Anonim, 1979; Anonim 1989).

 Jenis jenis ikan pari selengkapnya klik icon dibawah

 

B. Status Perlindungan Pari

1. Pari Manta

Pari Manta yang ditetapkan perlindungannya adalah 2 (dua) jenis Pari Manta yaitu Manta Karang (Manta alfredi) dan Manta oceanik  (M. birostris Kemeterian Kelautan dan Perikanan menerbitkan SK Menteri Kelautan dan Perikanan No. 4 tahun 2014 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Pari Manta.

Informasi lebih lanjut klik icon dibawah

2. Pari Mobula ( Jenis-Jenis Pari Mobula )

Pari mobula saat ini telah masuk Appendiks II CITES saat sidang COP 17 tahun 2016. Perbedaan Parimanta dan Pari Mobula (Baca Pedoman Identifikasi dan Pengenalan Pari Manta)

C. Peta Sebaran Habitat/Fishing Ground/Pendaratan Pari

 

D. Pelaku Usaha / Penggiat Konservasi Pari

 

E. Berita/Refrensi
  1. Rencana Aksi Nasional Konservasi Pari Manta (RAN PARI MANTA)

  2. Rencana Aksi Nasional Konservasi dan Pengelolaan Hiu dan Pari (RAN HIU & PARI)

  3. Konsultasi Publik Kebijakan Pari Mobula di Aceh

  4. 134 Pari Manta dan 50 Hiu Dijumpai pada 11 Lokasi Pemantauan di TN Komodo

  5. KKP Gandeng WCS Sinergikan Data Hiu dan Pari untuk Pengelolaan Yang Berkelanjutan?

POPULER
Top