KONTAK KAMI | SITE MAPS
Pari Gergaji
0 0 0 13
Loading...

A. DESKRIPSI PARI GERGAJI

Penampilan hiu gergaji cukup mengerikan. Namun bukan berarti ia menjadi penguasa sungai. Fakta di lapangan menunjukkan populasi anggota famili Pristidae yang bernama Latin Pristis Microdon ini terus menyusut. Hiu gergaji juga populer dengan nama pari atau hiu sentani karena memang ada di Danau Sentani, Papua. Orang mancanegara menyebutnya Largetooth Jawfish yang berarti ikan hiu bergigi besar.

Ikan yang menyebar di Australia, India, Papua Nugini, Afrika Selatan dan Thailand ini tergolong penghuni air tawar dan menyukai daerah tropis. Biasanya mereka hidup di danau-danau besar, sungai besar atau rawa-rawa tertentu. Di Indonesia ikan hiu gergaji terdapat di Sungai Digul, Sungai Mahakam (Kalimantan), Sungai Siak dan Sungai Sepih.

B. KLASISIFIKASI DAN MORFOLOGI

Hiu Gergaji (Pristis microdon) merupakan ikan yang hidup di lautan Indo-Pacific namun dapat juga hidup di sungai untuk melakukan siklus hidupnya.  Pada musim hujan (Desember-maret) ikan akan hidup di sungai air tawar sedangkan pada musim kering (Mei-oktober) ikan akan lebih suka tinggal di muara atau teluk yang menyerupai habitat air laut. Selain di Australia, ikan ini juga menyebar ke Kalimantan, Papua, Vietnam, India, Madagascar dan Afrika timur. Di Indonesia sendiri ikan hiu gergaji (Pristis microdon) ini menjadi salah satu hewan endemik yang terdapat di Danau Sentani, Papua. Klasifikasi ikan Hiu Gergaji (Pristis microdon) yaitu:
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Chondrichthyes
Order : Pristiformes
Family : Pristidae
Genus : Pristis
Spesies : Pristis microdon

Ciri Umum :

1.moncong sangat panjang, datar dan seperti gergaji
2 cuping bawah dari sirip ekor pendek, tapi nampak jelas
3 letak pangkal sirip punggung pertama berada di depan pangkal sirip perut
4 jumlah gigi pada rostrum 14–23 pasang

Ukuran : Panjang tubuh dapat mencapai 700 cm; ukuran dewasa 240–300 cm; saat lahir ~76 cm.

C. SEBARAN

Kemungkinan ditemukan di seluruh perairan laut tropis, termasuk di perairan sungai dan danau tropis dan subtropis bersuhu hangat; tidak tersebar merata karena di beberapa daerah telah mengalami kepunahan.

D. Habitat dan Biologi

Hidup di dasar perairan estuaria, sungai dan danau maupun perairan pantai hingga kedalaman 60 m; juvenil lebih sering ditemukan di perairan tawar daripada jenis hiu gergaji lainnya; ikan dewasa cenderung ditemukan di lepas pantai. Vivipar dengan ketergantungan embrio pada kuning telur; jumlah anak yang dilahirkan 1–11 ekor dengan masa kandungan 5 bulan (Atlantik bagian barat); kemungkinan berkembang biak di air tawar. Makanan terdiri dari ikan-ikan kecil dan invertebrata dasar. Menggunakan gergajinya untuk membunuh mangsa, dan dapat melukai manusia jika kurang hati-hati dalam penanganannya. 

Aspek Perikanan Kadang tertangkap oleh jaring dasar dan trawl di laut Arafura; kemungkinan populasinya sudah punah di sebagian perairan Indo–Pasifik; sangat mudah tertangkap oleh jaring insang. Bagian tubuh yang dapat dimanfaatkan adalah daging dan sirip (keduanya bernilai ekonomi sangat tinggi), kulit dan tulang rawan

Status konservasi: Dalam Daftar Merah IUCN: Dalam kategori kritis (CR).

 

D. REFERENSI
POPULER
Top