KONTAK KAMI | SITE MAPS
Pesut dan Lumba-lumba
0 0 0 13
Loading...

Dalam Kategori ini dibedakan antara Lumba lumba dan Pesut

LUMBA-LUMBA

1. Deskripsi

Lumba-lumba adalah jenis mamalia yang hidup berkelompok di perairan laut dan sungai. Lumba lumba paus dan porpois dapat dikelompokkan dam sebuah ordo yaitu Catacea. Kata Catacea berasal dari bahasa latin yaitu cetus yang berarti hewan yang besar dan bahasa yunani yaitu ketos berarti monster laut. Hewan-hewan dari ordo Cetacea adalah hewan menyusui yang sepanjang hidupnya ada di perairan dan telah melakukan berbagai adaptasi untuk kehidupan di lingkungan ini.

Tubuhnya berbentuk seperti torpedo (streamline) tanpa sirip belakang. Sirip depannya mengecil dan memiliki sebuah ekor horisontal yang kuat untuk bergerak seperti baling-baling perahu. Lubang hidungnya (blowhole) berubah menjadi lubang peniup pada bagian atas kepalanya. Lubang ini berguna untuk pernapasan pada saat hewan itu berenang di permukaan air

informasi lebih lanjut klik icon di bawah.

 

2. Klasifikasi

Lumba-lumba atau dolphin adalah mammalia air dari ordo Cetartiodactyla yang dikelompokkan dalam famili Delphinidae dengan ragam genus mencapai belasan. Dari 40-an spesies lumba-lumba yang hidup di dunia, 16 diantaranya yang dapat dijumpai di perairan Indonesia antara lain:

informasi lebih lanjut klik icon di bawah.

3. Matrik Sebaran Lumba Lumba di Kepulauan Riau

4. Peta Sebaran

Hampir seluruh perairan laut di Sumatera adalah habitat/jalur lumba-lumba. Dibeberapa lokasi pernah ditemukan/dijumpai kemunculan lumba-lumba.

 

 

 

5. Matrik Sebaran Lumba Lumba Sumatera Barat

6. Peta Sebaran lumba Lumba Sumatera Barat

7. Peta Sebaran Lumba Lumba Pantai Barat Sumut (Tahun 2017)

PESUT

Untuk jenis lumba-lumba yang hidup di perairan sungai biasa disebut pesut. Keberadaan pesut dapat menjadi indikator akan baiknya kualitas lingkungan perairan karena pesut tidak dapat hidup pada perairan yang terpolusi. Keberadaan pesut saat ini dapat dimanfaatkan sebagai daya tarik ekowisata yang selanjutnya diharapkan dapat berperan dalam upaya konservasi pesut dan habitatnya.

informasi lebih lanjut...

 

Isu dan Berita
  1. Lumba-lumba termonitor di perairan Pulau Libuut Siberut Barat Daya, Kep. Mentawai
  2. Penampakan Pesut di Perairan Pulau Cawan Kabupaten Iindragiri Hilir
  3. Lumba-Lumba Hidung Botol Memesona di Festival Lovina 2017

 

Referensi
  1. Rencana Aksi Nasional Konservasi Cetacea Indonesia (RAN CETACEA)
  2. Beberapa Penyebab Paus dan Lumba lumba Terdampar
  3. Pedoman Umum Wisasta Lumba Lumba 
  4. Fakta Mengerikan dibalik Sirkus Lumba Lumba

 

 

 

POPULER
Top