KONTAK KAMI | SITE MAPS

Sosialisasi dan Pembinaan Pedagang Telur Penyu di Pasar Plantar Kota Tanjungpinang

Penyu - 23 March 2017 15:50 PM Telah Dibaca 222 kali

0 0 0 13
Loading...

Kota Tanjungpinang merupakan salah satu lokasi target pemasaran telur penyu bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. telur penyu tersebut sebagian besar berasal dari luar Kota Tanjungpinang. Berdasarkan Kasus pengamanan penyeludupan telur penyu melalui pelabuhan Kota Tanjungpinang yang telah ditangani pada tahun 2016. Diperoleh informasi, bahwa telur penyu tersebut di angkut dari Pulau Tambelan dan Pulau sekitarnya. Harga yang dijual ke pengecer tidak mahal antara 2000-3000 rupiah per butirnya. Sedangkan pengecer dapat menjual kembali dengan harga 5000 rupiah per butirnya. Nilai keuntungan yang hampir 100 % didapatkan oleh pedagang memicu meningkatnya jumlah telur penyu yang diperjual belikan. Alasan klasik yang selalu mereka ungkapkan adalah untuk mata pencaharian. Padahal ditemukan di lapangan para pedagang telur penyu tersebut nyatanya adalah pedagang buah.  Dari Sosialisasi yang telah kami lakukan sebelumnya ada kurun beberapa waktu tidak terlihat adanya perdagangan telur penyu disekitar pasar plantar kota ini, namun pada pertengahan awal bulan januari sampai bulan maret tahun 2017 ini, perdagangan telur tersebut mulai dijumpai kembali. Pelakunya sama dan jejaring yang telah dibentuk oleh pedagang ini sangat terorganisir dengan baik.

Sosialisasi terus dilakukan sebagai upaya pembinaan dan peringatan kepada pedagang. Namun perlu dilakukan terus menerus sebelum diambil tindakan penegakan hukum kepada mereka.

Kegiatan sosialisasi yang terakhir kali dilakukan adalah pada tanggal 10 Maret 2017. Bermula rasa ingin tahu dan keisengan tim melihat apakah masih ada pedagang telur penyu menjual pada lokasi yang sama saat tim melkaukan sosialisasi pada tahun 2016. Di lapangan ditemukan beberapa lokasi tidak ditemukan pedagang telur penyu, namun di lokasi yang lain masih dijumpai pedagang telur penyu yang masih nakal memperjualbelikan telur tersebut. Kepada pedagang tersebut tim tidak bosan bosannya menyampaikan larangan dan status perlindungan penyu dan turunannya yang selanjutnya diharapkan timbulnya kesadaran dari pedagang itu sendiri.

TERKAIT
POPULER
Top