KONTAK KAMI | SITE MAPS
Teripang
0 0 0 13
Loading...

 

A.  DESKRIPSI TERIPANG 

Teripang (Holothuria) adalah sejenis biota laut yang merupakan salah satu sumber protein hewani, dan telah lama dikonsumsi oleh masyarakat didalam maupun diluar negeri. Teripang adalah hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran, lamun, alga maupun dalam lingkungan terumbu karang hidup/mati.

Jenis ini termasuk dalam echinodermata dengan klasifikasi kelas holothuroidea. Echinodermata berasal dari kata Yunani, echinos artinya duri dan derma artinya kulit. Jadi Echinodermata dapat diartikan sebagai hewan berkulit duri. Memang jika Anda meraba kulit hewan ini akan terasa kasar, karena kulitnya mempunyai lempeng-lempeng zat kapur dengan duri-duri kecil. Hewan ini biasanya hidup di pantai dan di dalam laut sampai kedalaman sekitar 366 m. Sebagian hidup bebas, hanya gerakannya lamban. Anda jangan khawatir hewan ini tidak ada yang parasit. Ada sekitar 5.300 jenis Echinodermata yang sudah dikenal manusia. Jumlahnya amat banyak, karena musuh hewan ini hanya sedikit.Keistimewaan Echinodermata adalah memiliki tubuh (organ tubuh) lima atau kelipatannya. Di samping itu hewan ini memiliki saluran air yang sering disebut sistem ambulakral. Sistem ini digunakan untuk bergerak, bernafas, atau untuk membuka mangsanya yang memiliki cangkok. Ciri umum lainnya adalah pada waktu masih larva tubuhnya berbentuk bilateral simetri. Sedangkan setelah dewasa bentuk tubuhnya menjadi radial simetri.

Hewan jenis ini kulit durinya halus, sehingga sekilas tidak tampak sebagai jenis Echinodermata. Tubuhnya seperti mentimun dan disebut mentimun laut atau disebut juga teripang. Hewan ini sering ditemukan di tepi pantai. Gerakannya tidak kaku, fleksibel, lembut dan tidak mempunyai lengan. Rangkanya direduksi berupa butir-butir kapur di dalam kulit. Mulut terletak pada ujung anterior dan anus pada ujung posterior (aboral). Di sekeliling mulut terdapat tentakel yang bercabang sebanyak 10 sampai 30 buah. Tentakel dapat disamakan dengan kaki tabung bagian oral pada Echinodermata lainnya. Tiga baris kaki tabung di bagian ventral digunakan untuk bergerak dan dua baris di bagian dorsal berguna untuk melakukan pernafasan. Selain itu pernafasan juga menggunakan paru-paru air.
Kebiasaan hewan ini meletakkan diri di atas dasar laut atau mengubur diri di dalam lumpur/pasir dan bagian akhir tubuhnya diperlihatkan. Jika Anda mengganggunya biasanya ia mengkerut. Coba perhatikan gambar di bawah ini!

B. KLASIFIKASI TERIPANG

Di dunia terdapat 1200 jenis timun laut, dimana 30 jenis termasuk dalam kelompok Teripang yang secara taksonomy dapat dilihat pada Marine Spesies Identifikation

Dari sekitar 650 jenis teripang yang ada didunia 10% berada di Indonesia dan dari jumlah tersebut berikut adalah 5 jenis yang tergolong mempunyai nilai jual tinggi yakni :

1.    Teripang hitam (Holothuroidea edulis) lebih detail
2.    Teripang koro (Holothuroidea notabilis) lebih detail
3.    Teripang nanas (Thelonota anana) lebih detail
4.    Teripang gama (Stichopus variegatus) lebih detail
5.    Teripang pasir (Holothuroidea scabralebih detail

 

C.  STATUS PERLINDUNGAN

Saat ini belum ada Regulasi Nasional yang mengatur perlindungan Teripang di Indonesia, akan tetapi Konvensi tentang perdagangan internasional tumbuhan dan satwa liar (CITES) Berencana memasukan beberapa spesies Teripang dalam Appendix II yaitu segala pengambilan dari alam dan di perdagangkan akan di batasi berdasarkan kuota yang telah disetujui dengan memperhatikan kelestarian sumberdaya.

Pengelolaan jenis teripang meskipun belum diatur oleh peraturan perundangan pemerintah, akan tetapi ini Teripang merupakan salah satu dari 20 jenis yang menjadi prioritas KKP.  Rencana pengelolaan Teripang dituangkan dalam Rencana Aksi Nasional (RAN) 2016 - 2020 (RAN TERIPANG).

 

D.  PETA DISTRIBUSI DAN SEBARANG TERIPANG

 

 

E.  PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN

Upaya perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan Teripang telah diisiasi oleh BPSPL Padang.  Langkah langkah upaya tersebut sebagai berikut.

1. Pendataan Lola Kima Teripang di Kab. Tapanuli Tengah.

2. BPSPL Lakukan Studi Banding dan Orientasi Calon DPL Teripang

3. Inisiasi dan Kesepakatan DPL Teripang di Kualo Gadang, Desa Tapian Nauli I, Tapanuli Tengah

4. Delineasi DPL Teripang di Desa Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah

5. Peraturan Desa Tapian Nauli I No.21 Tahun 2017 tentang DPL Teripang tanggal 4 Desember 2017.

 

F.  AKTIVITAS KONSERVASI

Upaya perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan Teripang telah diisiasi oleh BPSPL Padang.  TErmasuk menggandeng nelayan/pembudidaya/penggiat/kelompok masyarakat pengawas/konservasi.

1. Badan Pengelola Kawasan DPL Teripang di Kualo Gadang

2. TIMBALAN RIAU, Tambelan, Bintan

 

G.  PEMBERITAAN
  1. KKP Janji Kembangkan Budidaya Teripang
  2. Geliat Konservasi Penyu dan Bersiap Panen Raya Teripang
  3. Akurat News : Syukran Daeng Malewa, Pemberdaya Nelayan Teripang dari Tapteng.

 

H.  LITERATUR DAN REFERENSI
  1. Rencana Aksi Nasional Konservasi Teripang 2016 - 2020 (RAN TERIPANG).
  2. Pradina Purwati, TERIPANG INDONESIA : KOMPOSISI JENIS DAN SEJARAH PERIKANAN
  3. Dewi Elfidasari*, Nita Noriko, Ninditasya Wulandari, Analekta Tiara Perdana, Identifikasi Jenis Teripang Genus Holothuria Asal Perairan Sekitar Kepulauan Seribu Berdasarkan Perbedaan Morfologi
  4.  

 

 

 

POPULER
Top