KONTAK KAMI | SITE MAPS
Terubuk
0 0 0 13
Loading...

 

A.  Deskripsi dan Klasifikasi Ikan Terubuk

Ikan terubuk (Tenualosa spp.), di Eropa dikenal dengan ikan herring dijumpai sebagai ikan perairan dan estuari yang saat ini hanya dijumpai dibeberapa perairan di sebelah Timur Sumatera (Bengkalis dan Labuhan Batu) dan dikenal dengan nama ikan Terubuk atau Ikan Pias. 

 

1. Ikan Terubuk (Tenualosa macrura)

 

 

2.  Ikan Terubuk (Tenualosa ilisha)

Secara umum perbedaan dari ke 2 speciaes terubuk diatas adalah sebagai berikut:

 

B.  Penyebaran Terubuk

 

1. Terubuk Selat Bengkalis (Riau)

Habitat Penyebaran di Indonesia: Habitat penyebaran berada di daerah estuaria pada perairan Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

 

2. Terubuk DAS Barumun, Labuhan Batu

Habitat Penyebaran di Indonesia: Ikan Terubuk (Tenualosa ilisha) dewasa hidup di perairan laut dan melakukan ruaya pemijahan ke perairan tawar di Daerah Aliran Sungai Barumun, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara.

 

C.  Status Perlindungan Terubuk

Ikan terubuk menurut IUCN untuk jenis T. macrura untuk jenis T. ilisha masuk dalam kategori least concern dengan tren populasi yang semakin menurun.  Antispasi terkait dengan pemanfaatan yang berlebih terhadap jenis ikan ini.

1.  Perlindungan Terubuk Riau (Tenualosa macrura)

Perlindungan jenis Ikan Terubuk (Tenualosa macrura) di wilayah Propinsi Riau diatur dengan Kepmen KP No. KEP.59/MEN/2011, yaitu dengan status perlindungan terbatas, untuk lokasi tertentu yaitu sepanjang jalur ruaya pemijahan di perairan Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Siakyang (kawasan perairan Selat Bengkalis hingga ke muara Sungai Siak dan Sungai Apit), dan untuk periode waktu penangkapan tertentu yaitu:

  • larangan penangkapan jenis Ikan Terubuk (Tenualosa macrura) saat pemijahan pada bulan terang di bulan Agustus sampai dengan bulan November setiap tanggal 13, 14, 15, dan 16 kalender Hijriyah; dan
  • larangan penangkapan jenis Ikan Terubuk (Tenualosa macrura) saat pemijahan pada bulan gelap di bulan Agustus sampai dengan bulan November setiap tanggal 28, 29, 30, dan 1 kalender Hijriyah.

 

2.  Perlindungan Terubuk DAS Barumun, Labuhanbatu (Tenualosa ilisha)

Perlindungan Ikan Terubuk (Tenualosa ilisha) di Kab. Labuhan Batu diatur dengan Kepmen KP No. 43/KEPMEN-KP/2016, dengan status perlindungan terbatas, untuk wilayah sebaran tertentu sepanjang jalur ruaya pemijahan Ikan Terubuk di Daerah Aliran Sungai Barumun, dan untuk periode waktu tertentu yaitu:

  • saat pemijahan selama 6 (enam) hari saat peralihan bulan gelap ke bulan terang (tanggal 5 sampai dengan tanggal 10 kalender hijriah) pada bulan Januari sampai dengan bulan April setiap tahunnya; danTenualosa ilishaangan penangkapan Ikan Terubuk (a. lar
  • Saat pemijahan selama 6 (enam) hari saatTenualosa ilishab. larangan penangkapan Ikan Terubuk (peralihan bulan terang ke bulan gelap (tanggal 20 sampai dengan tanggal 25 bulan hijriah) pada bulan Januari sampai dengan bulan April setiap tahunnya.

 

Peta Daerah Perlindungan Terbatas Ikan Terubuk

 

 

 

D. Pelaku Usaha / Penggiat Konservasi Terubuk

1. Terubuk Selat Bengkalis (Riau)

 

2. Terubuk DAS Barumun, Labuhan Batu, Sumut

 

D.  Aktivitas Perlindungan

 

PERLINDUNGAN TERUBUK DI SUMATERA UTARA

 

PERLINDUNGAN TERUBUK DI RIAU
E.  Isu Aktual
  • Legenda Ikan Terubuk (Artikel)
  • Ikan Terubuk: Kembalikan kejayaan pangeran bengkalis (Artikel)
  • Ikan terubuk terancam punah di Bengkalis (Artikel)
  • Khasiat terubuk bagi kesehatan (Artikel)
  • DKP lakukan sosialisasi terubuk (Berita)
  • Ikan Khas Riau, Terubuk, Bakal Tinggal Nama (Artikel)
  • Penangkapan ikan terubuk penyebab ikan terubuk kian langka di Riau (Artikel)
  • Ikan terubuk harga 500 ribu sekilo, DKP Riau ajak UR kerjasama (Berita)
F.  Referensi
POPULER
Top